Menu Tutup

SEDEKAH BUMI DESA  SARIREJO TAHUN 2022

Spread the love

SARIREJO-Senin , 06 Juni 2022 Bertempat di Dusun Setren Desa Sarirejo sedang dilaksanakan perayaan sedekah bumi

Sedekah Bumi  di Desa Sarirejo adalah suatu perayaan tradisi turun temurun dari leluhur yang dilaksanakan tiap tahun setelah panen raya sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas  keberhasilan atau melimpahnya hasil bumi khususnya dibidang pertanian, dan juga bertujuan untuk nguri-uri/ melesterikan budaya jawa yang diwariskan para leluhur terdahulu.

Tetapi ada keunikan tersendiri  dalam perayaan Sedekah Bumi ini yaitu waktu atau hari pelaksanaan diambil dari hari dan pasaran jawa Senin Pon, juga diharuskan ada hiburan Wayang kulit walaupun sederhana yang tidak boleh dirubah-rubah. Konon suatu mitos yang mengatakan kalau tidak diadakan hiburan wayang kulit pasti ada bencana yang terjadi .

Untuk sumber  dana dalam perayaan sedekah bumi tersebut separuh dari anggaran Desa dan separuh  dari warga masyarakat Dusun Setren.

Mengawali acara sedekah bumi, pada minggu malam senin pon jam 19.00 WIB warga khususnya Dusun Setren antusias berkumpul jadi satu dirumah Kadus untuk memberikan iuran yang sudah dirinci oleh ketua RT masing-masing. Lalu dilanjutkan dengan acara bancakan bersama dengan membawa makanan jadi dari hasil bumi sebagai rasa syukur kepada Tuhan YME .Acara terakhir adalah pagelaran wayang kulit dengan mengambil judul Bendungan Tambak , yang pada intinya adalah berkaitan dengan pertanian.

Dengan berakhirnya hiburan wayang kulit , maka selesailah acara perayaan sedekah bumi yang diadakan di Desa Sarirejo khususnya Dusun Setren.Semoga dengan dilaksanakan sedekah bumi ini kehidupan masyarakat Desa Sarirejo menjadi damai,sejahtera, dan lebih maju khususnya dibidang pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.