Menu Tutup

UMKM “PEMBUATAN SANGKAR BURUNG” DI DESA SARIREJO

Spread the love

Sarirejo – Jumat 8  Januari 2021 di Dusun Tambak RT 02 RW 03 Desa Sarirejo ,tepatnya di rumah bapak Madkhan Kolil adalah salah satu dari warga Dusun Tambak yang pekerjaan sehari-hari sebagai seorang petani juga telah menekuni  pekerjaan sampingan yaitu membuat sangkar burung.

Apalagi dimasa pandemic covid-19 seperti sekarang ini ,perekonomian keluarga  tidak cukup kalau hanya mengandalkan dari bertani saja,maka disela-sela pekerjaan bertani, bapak Madkhan Kolil mencari kesibukan dengan membuat sangkar burung   untuk menambah penghasilan perekonomian keluarganya sehari-hari.

Untuk menjadi seorang pengrajin /pembuat  sangkar burung  dibutuhkan ketrampilan dan kesabaran dalam kerjanya,karena bahan-bahan yang akan dirangkai sangatlah rumid dan butuh kesabaran.Untuk mendapatkan bahan baku pembuatan sangkar  tidaklah sulit didapat,karena banyak dijumpai di Desa Sarirejo yaitu dari sisa-sisa potongan papan  kayu yang sudah tidak terpakai  dari seorang  tukang kayu.

Dalam pembuatan sangkar burung  juga melalui beberapa proses  yaitu membuat  ukuran  kerangka  sangkar  yang dihaluskan dengan mesin pasak ,lalu diberi lobang-lobang untuk tempat jeruji.Selanjutnya proses pembuatan jeruji sangkar yaitu bahan bakunya dari bambu yang juga dihaluskan dan juga dikeringkan dulu sebelum  dipasang pada kerangka sangkar .

Untuk pembuatan sangkar burung itu sendiri  dalam  satu sangkar dibutuhkan waktu satu sampai dua hari tergantung besar atau kecil ukuran sangkarnya.kalau sudah terkumpul beberapa  sangkar  yang dibuat akan dikirim  pada pengepul yang ada di Desa Sarirejo itu sendiri,Untuk harga satu sangkar juga bervariasi  menurut  besar /kecil  ukuran sangkar.

Dengan demikian  hasil dari  pembuatan sangkar tersebut bisa untuk  menambah pendapatan perekonomian  warga masyarakat di dusun Tambak Desa Sarirejo. semoga  bapak Madkhan Kolil bisa menjadi suatu inspirasi  masyarakat Desa Sarirejo untuk meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lewat pembuatan Sangkar Burung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.