LUMBUNG PANGAN

Spread the love

Pengurus Lumbung Pangan Desa Sarirejo, mulai Hari Selasa 9/10/2018 s/d akir bulan Oktober melakukan kegiatan Mengeluarkan Gabah Simpananya untuk dipinjamkan kepada para Petani yang membutuhkan. Kegiatan ini biasa dilakukan setiap tahun di bulan September atau Oktober, bertempat di gedung pangan  di Dusun Tambak Sarirejo dari jam 09 s/d 12 WIB.

Untuk tahun ini Pengurus Lumbung Pangan Desa Sarirejo agak Kesulitan mencari Nasabah atau peminjam. Hal ini mungkin karena Para Petani kurang membutuhkan, atau kerena adanya bantuan beras dan telur yang setiap bulanya cair atau karena hasil panen MT 2 yang berhasil dengan baik. Maksud dilakukanya kegiatan ini sebetulnya untuk membantu para Petani yang pada umumnya di bulan – bulan tersebut mengalami Paceklik. Apabila sampai dengan akir bulan Oktober ini  peminjam tetap sepi, pengurus akan meminjamkan semua Gabah yang disimpan kepada Pedagang desa setempat dengan perjanjian setiap 100 kg kembali 120 kg pada waktu  panen MT 2 nanti, sama dengan perjanjian terhadap para Petani.

Lumbung pangan Desa Sarirejo dibentuk pada tahun 2008/2009 dengan nama Lumbung Pangan Sumber Rejeki yang diketua oleh Parmo.HS, dengan modal awal 1.800 kg Gabah, Dalam perkembanganya sampai sekarang omset yang dimiliki berjumlah 12.150 kg gabah. Nama yang semula Sumber Rejeki sekarang diubah menjadi Sari Mulyo, dan rencananya Lumbung Pangan ini akan menjadi induk usaha BUMDes yang akan dibentuk oleh desa.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*