HAUL SIMBAH JENGGOT/ SIMBAH YAHYA

  • Mar 18, 2023
  • Sarirejo

JUM’AT 17 Maret 2023 , Bertempat di Makam Banjarame Dusun Tengger Desa Sarirejo sedang diadakan ziarah makam Bersama yaitu Haul Simbah Jenggot/ simbah Yahya yang secara rutin dilaksanakan oleh penduduk Desa Sarirejo menjelang datangnya bulan Ramadhan khususnya kepanitiaan dari Dusun Setren.

Turut hadir dalam haul tersebut adalah KH Jainudin ( kiyai Bendho )dari Grobogan Purwodadi, para ustad sedesa sarirejo,  tamu undangan .

Acara dimulai pukul 13.00 WIB setelah sholat Jumat sampai dengan selesai pukul 15.30 WIB.

Mengawali kegiatan kali ini sudarto sebagai pembawa acara membacakan serangkaian rincian acara yang akan berjalan di Haul tersebut.

Pertama -tama adalah pembacaan Ayat suci Al-Qur’an oleh Madhan Kholil, dan dilanjutkan Bacaan surat Yasin . lalu Rokib tahlil oleh ustad Mukajalin

Menginjak acara selanjutnya yaitu sambutan oleh panitia pelaksana Sudarjo menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelengkapan dan kelancaran jalannya Haul simbah Jenggot/Yahya yang berlangsung hikmat dengan suasana dingin karena diguyur hujan , meskipun demikian acara berjalan sesuai rencana dan tidak menghalangi arti penting ziarah makam tersebut.

Disela sela berlangsungnya acara, Warsono  (Kasi pelayanan ) yang merupakan perwakilan dari P.J Kades  Agus Triyono menyampaikan pesan beliau bapak P.J Kades yaitu Karena lagi musim calonan Kades PAW dimohon semua warga bersifat dingin dan kondusif dalam pemilihan nantinya, dan kedua berpesan saat bulan Ramadhan ( Tadarus Al Qur’an ) untuk membatasi jam pemakaian speaker di masjid/mushola jam 21.00 wib.

Akhir dari acara Haul adalah Maidhotul Khasanah yang dibawakan oleh KH Jainudin atau dengan sebutan kondangnya yaitu Kyai Bendho dari Grobogan Purwodadi yang intinya orang yang sudah meninggal adalah butuh doa dari yang masih hidup, dan kita yakin bahwa alam kubur itu ada.

Dengan demikian segala rincian acara telah terlampaui dan sekaligus ditutup Doa oleh KH Jainudin.