LAGI-LAGI LONGSOR MELANDA 2 RUMAH PEMUKIMAN WARGA DI DUSUN GALSARI DESA SARIREJO

  • Apr 02, 2023
  • Sarirejo

SARIREJO, Minggu 2 April 2023 Tepatnya di Dusun Galsari Desa Sarirejo ada beberapa  titik tempat dekat bantaran sungai Kesongo yang rawan longsor.

Setelah diguyur hujan hari sabtu 1 april 2023 jam 15.00 WIB sampai malam, sejumlah rumah terpaksa dievakuasi  sebelum ikut terbawa tanah longsor yaitu rumah Markun (70 thn ), rumah (Marmini (56 thn) tepatnya di dusun Galsari RT 3 RW 1, dan ada dua titik lagi kejadian serupa yaitu di RT 02 RW 01 dan di RT 02 RW 02 , yang semua berada di dekat bantaran sungai kesongo.

Empat hari sebelum longsor Kembali melanda , tepatnya hari kamis 30 maret 2023 keadaan rumah masih utuh , tetapi sudah tidak layak untuk dihuni karena membahayakan jiwa dan akhirnya hari jum’at dua rumah dibongkar untuk menghindari longsor susulan yang lebih parah. Pada hari sabtu tanggal 1 april 2023 tepatnya pukul 15.00 hujan lebat disertai angin kencang pun terjadi sampai malam hari, yang mengakibatkan tanah tersebut akhirnya hanyut terbawa arus air hujan yang menuju bantaran sungai kesongo yang lokasinya tidak jauh dari lokasi longsor dengan jarak kurang lebih 30 meter.

Bantuan sembako untuk para korban tanah longsor dari BPBD lewat PMI kabupaten Grobogan hari jum’at pun tiba di lokasi guna membantu meringankan beban hidup mereka yang terdampak.

Dengan adanya kejadian tanah longsor tersebut pihak Desa Sudah melaporkan ke Kecamatan Ngaringan,dan juga BPBD kabupaten Grobogan untuk segera ditindaklanjuti supaya longsor tidak merembet ke rumah pemukiman yang lain. Adapun tanah longsor yang lain di Dusun Galsari pada hari minggu yaitu di belakang rumah bapak Badi dusun galsari Rt 2 Rw 2, dan rumah Sumini dusun galsari Rt 2 Rw 1 Desa Sarirejo,kerugian diperkirakan mencapai puluhan jt rupiah.