Sosialisasi dan Pemicuan 5 Pilar STBM Menuju Desa STBM

  • Dec 07, 2022
  • Sarirejo

SARIREJO- Rabu, 07 / 12 / 2022 Bertempat di Aula Balai Desa Sarirejo UPTD Puskesmas Kec Ngaringan melaksanakan Kegiatan Sosialisasi dan Pemicuan 5 Pilar STBM sebagai tindak lanjut dari  Surat  UPTD Puskesmas Kec Ngaringan No449/ 009/ XI/ 2022tanggal 3 Desember,

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah UPTD Puskesmas Kec Ngaringan, FKD, SKD , Bidan Desa, RT/ RW, Dan juga Kader Posyandu dengan tetap patuhi protokol kesehatan.

Apakah STBM itu?

STBM adalah pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

STBM terdiri dari 5 pilar:

    1. Stop buang air besar sembarangan;
    2. Cuci tangan pakai sabun;
    3. Pengelolaan air minum/makanan rumah tangga;
    4. Pengelolaan sampah rumah tangga;
    5. Pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Program nasional STBM dikhususkan untuk skala rumah tangga, sehingga program ini adalah program yang berbasis masyarakat, dan tanpa memberikan subsidi sama sekali bagi rumah tangga.

Kata kunci untuk STBM: 

  • sanitasi total
  • berbasis masyarakat
  • skala rumah tangga
  • metode pemicuan
  • monitoring partisipatif

 Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB s/d 11.00 WIB dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya Bersama-sama dilanjutkan pembukaan acara sosialisasi oleh Sdr Suhadi selaku sekdes.

Dalam kegiatan tersebut Kepala TU Puskesmas memaparkan rincian yang terkandung dalam 5 pilar STBM dengan detail dan cukup jelas, dan juga mengulas kembali praktek simbolis mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir dengan tepat dan benar.

Dalam sambutannya Setyo Yuwono (Sekcam ) selaku Kepala STBM kecamatan Ngaringan menjelaskan terkait dengan sosialisasi tersebut, kita fokusnya Kader-Kader kesehatan,Posyandu yang ada di Desa harus memotifasi dan memberi contoh yang baik dalam perilaku hidup sehat.” Tuturnya”

Di akhir acara adalah dibentuknya Struktur Oeganisasi  yang akan langsung menangani terkait STBM dari pembentukan ketua sampai dengan seksi-seksi.

Dengan demikian serangkaian acara telah terlampaui dengan lancar, aman, dan ditutup dengan bacaan Hamdallah bersama dengan harapan perilaku hidup sehat di Desa Sarirejo bisa Tercipta.Admin